Sultan Oman Qaboos bin Said Al Said Tutup Usia

Sultan Qaboos bin Said Al Said dari Oman tutup usia pada hari Minggu (12/1/2020). Foto AFP
Sultan Qaboos bin Said Al Said dari Oman tutup usia pada hari Minggu (12/1/2020). Foto AFP

Muscat,Sayangi.com- Masyarakat Oman dan para pemimpin dunia memberikan penghormatan kepada mendiang Sultan Qaboos bin Said Al Said. Ia tutup usia di 79 tahun.Penyebab kematiannya belum dikonfirmasi tapi berbagai laporan media mengatakan ia menderita kanker usus besar.

Sultan Qaboos merupakan pemimpin yang paling lama berkuasa di dunia negara Arab.Sepanjang kekuasaannya Qaboos dipandang sebagai sosok pemimpin yang populer. Qaboos berhasil mengembangkan Oman setelah mendapatkan kekuasaan dalam kudeta tak berdarah pada 1970.

Dikabarkan sepeninggal Qaboos, sepupunya, Haitham bin Tariq Al Said, telah dilantik sebagai penerus. Sultan Qaboos tidak punya keturunan atau penerus yang ditunjuk secara publik. Untuk itu dewan keluarga diberi waktu tiga hari untuk memilih penggantinya. Namun dalam transisi yang cepat dan mulus, pihak memutuskan untuk membuka amplop bersegel berisi nama yang secara diam diam telah diwasiatkan mendiang sultan.

Raja Bahrain, presiden Tunisia, Emir dari Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab,serta para pemimpin negara telah berangkat ke Muscat untuk menghadiri upacara di Istana al-Alam.

Dilaporkan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang sedang berkunjung ke Timur Tengah,diperkirakan juga akan hadir untuk memberi penghormatan.
sumber: BBC News