Abu Gunung Taal Lumpuhkan Ibu Kota Filipina

Foto Reuters
Foto Reuters

Manila,Sayangi.com Sejak Senin (13/1) kota Manila menutup sekolah sekolah dan pertokoan. Ribuan orang diperintahkan meninggalkan rumahnya di sekitar gunung Taal.

Gunung ini merupkan salah satu gunung berapi terkecil dan aktif di dunia. Taal telah menyemburkan debu dan material selama dua hari berturut-turut dari kawahnya di tengah danau sekitar 70 km selatan pusat Manila

Bahkan para seismologis memperingatkan letusan dapat terjadi kapan saja dan dapat memicu tsunami.Maria Antonia Bornas, kepala riset sains di Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina menyebutkan Kecepatan eskalasi aktivitas vulkanik Taal membuat kami terkejut.

Maria menjelaskan, “Kami telah mendeteksi magma. Ini masih dalam, ini belum mencapai permukaan. Kami masih memperkirakan letusan berbahaya kapan pun,imbuhnya.

Otoritas memperingatkan letusan dapat mengakibatkan tsunami di sekitar danau. Lebih dari 16.000 orang telah dievakuasi dari pulau vulkanik itu dan wilayah sekitarnya.

Jalanan kota Manila yang biasanya ramai menjadi lengang.Sebanyak 240 penerbangan ditunda atau dibatalkan pada Minggu (12/1) namun beberapa kembali beroperasi pada Senin (13/1).Diantara pesawat yang mendarat membawa Presiden Rodrigo Duterte yang kembali ke Manila dari Davao.

sumber: Bangkok Post