Aktor Robert De Niro Raih Anugrah SAG Awards

Berkat dedikasinya di dalam Industri Hollywood Robet De Niro raih SAG. Foto Entertaiment Tonight
Berkat dedikasinya di dalam Industri Hollywood Robet De Niro raih SAG. Foto Entertaiment Tonight

Los Angeles, Sayangi.com-Robert De Niro menerima banyak pujian tentang karirnya yang cemerlang dan tepuk tangan meriah dari sesama mitra bintang film ketika menerima hadiah “pencapaian seumur hidup”.

Ia menerima penghargaan  dari “Screen Actors Guild” atau SAG Minggu malam (19/1). Dan saat memberi pidato ia  menghabiskan sebagian besar waktunya di atas panggung dengan bicara soal politik.

“Ada yang benar dan ada yang salah, ada akal sehat dan ada penyalahgunaan kekuasaan,” ujar De Niro.

Lebih dari separuh hadirin di ruangan itu berdiri dan bertepuk tangan ketika De Niro mengatakan adalah tanggungjawabnya untuk berbicara tentang politik . Iapun mengatakan , dan  tidak menyebut satu nama pun, jelas yang dimaksudkannya adalah Presiden Donald Trump.

“Sebagai warga negara, saya memiliki hak yang sama dengan siapa pun. Aktor, atlet, siapa pun berhak untuk menyuarakan opininya,” tambah De Niro seperti dilansir dari VOA Rabu (22/1)

“Dan jika saya memiliki suara lebih besar dampaknya karena situasi saya, saya akan menggunakannya setiap kali saya melihat terjadinya penyalahgunaan kekuasaan secara terang-terangan.”

De Niro menjadi tokoh ke-56 yang menerima penghargaan tertinggi SAG Awards. Penghargaan tersebut diberikan  dalam upacara yang dilangsungkan di Shrine Auditorium, di Los Angeles, Minggu malam.

Aktor kawakan Hollywood ini  telah menjadi salah seorang pengecam utama Trump. Akan  tetapi kritik yang disampaikannya dalam pidato di SAG Awards tetap terjaga. Niro mengakhiri pidatonya dengan mengatakan “itu saja yang hendak saya sampaikan.”

Ketika menyampaikan pernyataan sebelum menyerahkan anugerah itu, aktor Leonardo DiCaprio memuji De Niro karena keotentikannya. De Caprio  mengatakan ia telah mengenal De Niro sejak masih berusia 13 tahun.

Sebelumnya De Niro sudah dua kali memenangkan Oscar untuk peran pembantu dalam “The Godfater : Part II” dan aktor terbaik dalam “Raging Bull.” Pada tahun 2011 ia juga menerima Cecil B. DeMille Awards di Golden Globes karena perannya dalam dunia hiburan dan lima tahun kemudian ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom.

Semasa karirnya De Niro telah bekerjasama dengan sejumlah sutradara terkenal Hollywood, tetapi ia paling dikenal karena kolaborasinya dengan Martin Scorsese. Aktor veteran itu bermain luar biasa dalam film Scorsese tahun 1973 “Mean Streets,” dan setelah itu dalam banyak film lainnya, seperti “Taxi Driver,” “Goodfellas,” “Casino,” dan “The Irishman.”