Persidangan Pemakzulan Trump Menuju Tahap Paparan DPR

Presiden AS Donald Trump /Foto: Reuters

Washington,Sayangi.com– Sidang pemakzulan Presiden Donald Trump memasuki babak lanjutan setelah Senat Amerika Serikat memutuskan untuk tidak mengabulkan 11 usulan perubahan tata cara persidangan yang diajukan oleh Fraksi Demokrat.

Usai melangsungkan sidang perdana selama nyaris 13 jam pada Selasa (20/1) hingga Rabu (22/1) dini hari waktu setempat sidang pemakzulan Trump masih terus bergulir. Dilaporkan anggota Senat akan memberikan suara untuk amandemen yang diajukan oleh Fraksi Demokrat serta memanggil saksi serta mengumpulkan dokumen dari Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri.

Sebelumnya pada Rabu, anggota fraksi Demokrat yang mengajukan kasus pemakzulan terhadap Trump akan menyampaikan argumen pembukaan. Anggota senat memiliki waktu tiga hari untuk mengungkap alasan Trump harus dimakzulkan.

Pemimpin mayoritas fraksi Republik, Mitch McConnell mengungkapkan sempat berencana memangkas waktu untuk mengungkap alasan pemakzulan Trump menjadi dua hari.

Belakangan McConnell yang mendapat tekanan dari beberapa anggota senat Partai Republik mengatakan butuh waktu tiga hari untuk mengungkapkan bahwa Trump menyalahgunakan kekuasaannya sebagai Presiden AS untuk menjegal rival politiknya Joe Biden.

Setelah mendengar alasan pengajuan pemakzulan, tim penasihat Gedung Putih, Pat Cipollone memiliki waktu tiga hari untuk menyampaikan sanggahan mereka.Setelah menyampaikan argumen secara terbuka, para senator memiliki waktu 16 jam untuk mengajukan pertanyaan secara tertulis kepada jaksa penuntut.

Pertanyaan yang bakal diajukan para senator nantinya akan dibacakan oleh Ketua Mahkamah Agung AS, John Robert saat proses persidangan.

sumber: CNN News