Hadir Dalam Pertemuan Davos Guaido Ingin Internasional Bantu Venezuela

Foto Swissinfo
Foto Swissinfo

Paris,Sayangi.com- Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, Kamis (23/1), mengajukan permohonan yang emosional kepada para pemimpin politik dan bisnis di Davos. Dalam forum ini Guaido mengatakan ia membutuhkan dukungan internasional karena tidak dapat melakukan perubahan seorang diri.

Hingga kini Guaido diakui sebagai presiden sementara oleh Amerika dan 50 negara lainnya namun ia masih gagal menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro dari kekuasaannya. Karena itulah Venezuela berbulan-bulan berlangsung protes dan krisis ekonomi.

Guaido menyatakan “Kami menghadapi konglomerat kriminal internasional dan kami membutuhkan bantuan Anda,” katanya dalam Forum Ekonomi Dunia. “Venezuela sedang menghadapi tragedi yang belum pernah terjadi sebelumnya”. Sendirian, kami tidak akan mencapai tujuan itu,” imbuh Guaido.

Pemimpin Guaido telah melanggar larangan berpergian yang dikeluarkan pemerintah Maduro untuk menggalang dukungan internasional. Guaido hadir dalam pertemuan Davos guna memastikan berlanjutnya dukungan diplomatik dalam upayanya menjatuhkan Maduro.

Ketua parlemen Venezuela itu mula-mula mengunjungi Kolombia, negara sekutunya yang juga musuh bebuyutan Maduro. Tak lama kemudia iapun terbang ke Inggris. Iapun telah mendatangi markas besar Uni Eropa di Brussels, sebelum ke Davos.

Di Davos itu pula Guaido pada tahun lalu diakui sebagai presiden sementara Venezuela oleh beberapa kepala negara. Walau perekonomian negaranya jatuh, Maduro tetap berkuasa dan melawan sanksi Amerika dan Eropa yang semakin menekan negara kaya minyak itu.

sumber: AFP