Irak : Peluru Roket Hantam Gedung Kedubes

Kedutaan Amerika Serikat di Bagdad. Foto Zero Hedge
Kedutaan Amerika Serikat di Bagdad. Foto Zero Hedge

Bagdad, Sayangi.com- Sebuah tembakan roket mendarat di dekat Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Bagdad ibukota Irak,Minggu (26/1). Ledakan tersebut membuat suara keras. Suara ledakan berasal dari tepi barat sungai Tigris, tempat kedubes AS dan sebagian besar misi diplomatik asing lainnya berada.

Dilansir dari New Channel Asia, Senin (27/1) satu sumber keamanan mengatakan, tiga roket Katyusha menghantam dekat kompleks keamanan tinggi. Sedangkan sumber lain mengatakan, sebanyak lima roket menghantam wilayah itu.

Lewat sebuah pernyataan Pasukan keamanan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan,lima roket menghantam Zona Hijau. Wilayah Zona Hijau memiliki tingkat keamanan tinggi. Dilaporkan hantaman rudal tersebut tidak ada korban jiwa.

Meski demikian,serangan hari Minggu adalah yang terbaru dari serangkaian tembakan roket bulan ini yang menargetkan Zona Hijau, tempat parlemen Irak juga berada. Parlemen Irak di awal bulan ini mendesak kepergian pasukan AS dari Irak

Serangan roket itu terjadi setelah dua hari sebelumnya ribuan orang berkumpul di Baghdad. Aksi kumpulan ribuan massa tersebut sebagai tanggapan atas seruan oleh ulama populis Moqtada Sadr guna menuntut penggusiran pasukan AS dari Irak.

Kehadiran militer Amerika telah menjadi isu penting di Irak sejak serangan udara AS menewaskan jenderal Iran Qasem Soleimani pada 3 Januari silam. Selain itu seorang komandan penting Irak di luar bandara Baghdad juga menjadi korban jiwa.

Tercatat 5.200 tentara AS kali ini berada di Irak untuk memimpin koalisi global melawan kelompok Negara Islam (ISIS). Akan tetapi Irak mengatakan serangan terhadap Soleimani melanggar mandat itu.

Serangan hari Minggu adalah yang terbaru dari serangkaian tembakan roket bulan ini yang menargetkan Zona Hijau, tempat parlemen Irak juga berada. Parlemen Irak di awal bulan ini mendesak kepergian pasukan AS dari Irak.