Puluhan Server PBB Dicebol Hacker

Ilustrasi Hacker atau peretas,Foto Daily Post
Ilustrasi Hacker atau peretas,Foto Daily Post

Jenewa,Sayangi.com- Dokumen internal rahasia PBB yang bocor menyatakan bahwa puluhan server milik PBB telah diretas Hacker. Data yang bocor berada di kantor PBB Jenewa dan Wina. Dilaporkan server yang diretas termasuk yang berasal dari kantor hak asasi manusia PBB.

Dokumen internal dari Kantor Informasi dan Teknologi PBB menuliskan 42 server berhasil di-compromise. Namun sebanyak 25 server lainnya dianggap “mencurigakan.” Puluhan server itu hampir semuanya berada di kantor PBB di Jenewa dan Wina.

Tiga dari server yang “di-compromise” adalah milik Kantor Komisaris Tinggi untuk Hak Asasi Manusia. Kantor ini terletak di seberang kota dari kantor utama PBB di Jenewa. Dikantor ini juga juga ada dua kantor digunakan oleh Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa.

Laporan tersebut mengindikasikan bahwa 22 akun di-compromise, termasuk admin domain. Laporan itu juga menunjukkan log yang akan membongkar aktivitas peretas di dalam jaringan PBB “dihapus.”

Seorang pejabat PBB, yang enggan disebutkan namanya menyatakan bahwa peretasan tampak “canggih”. Kami diretas,” juru bicara kantor hak asasi manusia Rupert Colville.

“Kami setiap hari menghadapi upaya untuk masuk ke sistem komputer kami. Kali ini, mereka berhasil, tetapi tidak terlalu jauh. Tidak ada rahasia yang berbahaya (berhasil dicuri),” imbuhnya.

Dilaporkan peretasan tersebut tingkat kerusakannya masih belum jelas, terutama dalam hal informasi pribadi, rahasia, atau sensitif yang mungkin telah dicuri. Sejak saat itu, sistem keamanan telah diperkuat.

“Tingkat kecanggihannya begitu tinggi sehingga ada kemungkinan aktor yang didukung negara mungkin berada di belakangnya,” kata pejabat itutersebut. Akan tetapi ada beberapa laporan yang berbeda-beda terkait serangan yang pertama kali terdeteksi selama musim panas lalu.

sumber : Associated Press (AP)