Pria India Memberondong Senapan Ke Demontrans Tolak UU

Foto DW
Foto DW

New Delhi,Sayangi.com- Seorang pria bersenjata live di Facebook sebelumnya telah memperingatkan dia akan mengambil “perjalanan terakhirnya”. Tak lama kemudian dia menembaki demonstran yang menolak Undang-undang (UU) kewarganegaraan India di New Delhi pada Kamis (30/1).

Isi UU Amandemen Kewarganegaraan memberi minoritas non-Muslim kemudahan menjadi warga India. Namun UU itu tidak berlaku bagi minoritas Muslim di India.

Aksi penembakan brutalĀ  telah melukai satu mahasiswa. Pelaku penembakan mengenakan jaket hitam dan senjata satu laras. Saat pelaku memberondongkan senapan, ia berdiri beberapa meter dari puluhan polisi dan orang awam di luar kampus Universitas Jamia Millia Islamia. Saat itu lebih dari 1.000 demonstran berkumpul untuk menggelar pawai.

Pelaku meneriakkan slogan-slogan menentang para demonstran. Tak cukup itu pelaku juga menentang perempuan berhijab. Selesai menerikakkan slogan pelaku lantas menembakkan senjatanya ke arah demonstran.

Sudah lebih dari sebulan unjuk rasa menolak UU kewarganegaraan namun insiden
penembakan semacam ini merupakan yang pertama kali terjadi di New Delhi. Insiden penembakan ini memicu kekhawatiran dari oposisi bahwa para pemuda akan mengambil tindakan main hakim sendiri untuk melawan demonstran anti-pemerintah India.

Aamir, saksi di lokasi kejadian menerangkan pelaku berdiri di depan semua orang, demonstran dan polisi. Pelaku pun melompat masuk dari sisi ini, mengacungkan senjata dan mengatakan ‘Mari saya akan memberimu kebebasan, imbuh saksi.

sumber:bbc.com