Terlibat Skandal Pendanaan Menteri Pertanian Australia Mundur

Menteri Pertanian Australia Bridget McKenzie mundur dari kabinet. Foto ABC
Menteri Pertanian Australia Bridget McKenzie mundur dari kabinet. Foto ABC

Canberra,Sayangi.com- Bridget McKenzie,telah mengundurkan diri,sebagai Menteri Pertanian AUstralia pada Minggu (2/2). Semuanya berawal pada Februari 2019 ketika Senator McKenzie mengalokasikan dana hibah sebesar 35.980 dolar atau sekitar Rp 350 juta untuk memperbaiki toilet sebuah klub menembak di Wangaratta, negara bagian Victoria.

Hal demikian ini sebenarnya lazim saja dilakukan para anggota parlemen, apalagi Wangaratta memang merupakan daerah pemilihan (Dapil) Senator McKenzie sendiri. Namun hal ini menjadi sorotan karena belakangan diketahui bahwa Senator McKenzie merupakan anggota dari klub menembak tersebut.

Penyelidikan yang dilakukan Kantor Perdana Menteri dan Kabinet menemukan bahwa Senator McKenzie telah melanggar kode etik menteri karena tidak mengumumkan keanggotaannya pada klub bernama The Wangaratta Clay Target Club itu.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan mantan Menteri olahraga McKenzie telah mengundurkan diri. Hal ini lantaran ia karena gagal mengungkapkan ia adalah anggota salah satu klub menembak yang menerima uang pembayar pajak. Atas dasar itu menteri telah mengajukan pengunduran dirinya kepada saya sore ini,” kata Morrison pada konferensi pers.

Keputusan mundur diambil McKenzie di tengah kemarahan setelah audit independen menemukan uang dari dana pengembangan olahraga sebesar A$ 100 juta (Rp912 miliar). Kabaranya dana pengembangan tersebut digunakan untuk membidik kursi di pemerintahan sebelum pemilihan federal tahun lalu.

Morrison, yang tengah  menghadapi banyak kritik atas penanganan krisis kebakaran hutan selama berbulan-bulan di Australia, berkeras ia telah menangani skandal hibah. Ia menyebut telah menangani skandal tersebut selama seminggu dengan cara stabil, tenang, dan hati-hati.

 

sumber: AFP