Trump Lolos Dari Bidikan Dakwaan Pemakzulan

Presiden Donald Trump menyampaikan Salam Idul Fitri. Foto ABC New
Presiden Donald Trump

Washington,Sayangi.com- Donald Trump presiden Amerika Serikat (AS) Rabu (5/2) waktu setempat, mendapat dukungan penuh dari Partai Republik. Dukungan untuk mempertahankan ancaman terbesar dalam masa jabatannya.

Dalam sidang pemakzulan di Senat AS, Trump dibebaskan dari tuduhan menyalahgunakan kekuasaan. Trump juga bebas dari menghalangi penyelidikan Kongres.

Trump, yang merupakan presiden ketiga AS yang menghadapi sidang pemakzulan, sukses menggagalkan upaya menggulingkan dirinya. Dasar tuduhan kepada Trump adalah ia dianggap meminta bantuan Ukraina demi meraih kemenangan di Pemilu 2020 yang akan datang.

Meski dihadapkan dengan bukti-bukti yang kuat, anggota Senat AS dari Partai Republik tetap loyal. Keloyalam Partai Republik membukukan kemenangan dalam voting terhadap kedua dakwaan itu.

Pada dakwaan pertama, Trump menang 52-48. Sementara di dakwaan kedua Presiden AS itu unggul 53-47 sehingga dipastikan tidak bisa dimakzulkan.

“Dua pertiga dari senator yang hadir tidak memutuskan dia bersalah. Karenanya, Senat memutuskan Donald John Trump, Presiden AS, tidak bersalah,” ujar Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts yang memimpin sidang pemakzulan itu.

Kemenangan di Senat itu membuka jalan bagi Trump untuk terlibat penuh dalam kampanye untuk kembali terpilih dalam pemilu presiden.  AS akan menggelar Pemilu November mendatang.

sumber: AFP