Biden Maju Terus Meski Perolehan Suaranya Anjlok

Joe Biden kandidat presiden AS. Foto Der Speigel
Joe Biden kandidat presiden AS. Foto Der Speigel

Washington, Sayangi.com- Joe Biden, tetap maju terus dalam pemilihan meski ia menerima kegagalan dalam pemungutan suara di Iowa. Biden di urutan keempat berdasarkan hasil sementara dari pemilihan untuk memilih calon presiden dari Partai Demokrat.

“Saya tidak akan menutup-nutupinya,” kata Biden. “Ini bukan pertama kalinya dalam hidup saya, saya dijatuhkan,ujar Mantan wakil Presiden AS era Barack Obama

Merujuk hasil sementara Kaukus Iowa, Biden telah gagal untuk mengambil satu delegasi. Padahal delegasi ini amat yang dibutuhkan untuk melaju dalam pemilihan. Untuk itu New Hampshire akan menjadi negara bagian berikutnya. Wilayah ini akan memberikan suara pada 11 Februari mendatang.

Kendati demikian, Biden tetap mengatakan kepada warga di New Hampshire: “Saya tidak ke mana-mana,” ucapnya. Ia pun berharap akan bersinar di kontes-kontes utama berikutnya dengan pemilih yang lebih beragam, seperti di Nevada atau South Carolina.

Pada Rabu (6/2), waktu setempat Biden mempertajam serangannya. dengan menargetkan kepada dua kandidat terdepan Partai Demokrat. Dia menyarankan bahwa sosialis demokratik, Sanders, tidak dapat dipilih dalam pemilihan umum.

Biden juga mengatakan akan “berisiko” untuk mencalonkan Buttigieg yang berusia 38 tahun. “Seseorang yang tidak pernah memegang jabatan lebih tinggi dari walikota dengan penduduk 100.000 orang,” kata Biden.

Buttigieg pun menanggapi dengan mengatakan, “Sebagian besar pujian untuk prestasi pemerintahan Obama adalah milik Presiden Obama”.

sumber: BBC News