Somalia Alami Serangan Hama Belalang Terburuk Sepanjang 70 Tahun

Somalia diserang hama belalang. Foto Aljazeera
Somalia diserang hama belalang. Foto Aljazeera

Mogadishu,Sayangi.com- Gurun di daerah kering Somalia utara diserang kawanan hama belalang gurun. Serangan itu merupakan wabah terburuk yang pernah dialami beberapa wilayah dalam 70 tahun terakhir.

Hama Belalang telah mengancam 10 juta orang di seluruh wilayah selatan wilayah Puntland semi-otonom, Somalia. Belalang muda itu tumbuh di salah satu tempat paling sulit diakses.  Serangan hama  ini mengakibatkan krisis kelaparan yang parah..

Kepala Bidang Kemanusiaan PBB Mark Lowcock, mengatakan bahwa Somalia telah mengumumkan darurat nasional atas terjadinya wabah itu. Di seluruh wilayah itu memiliki potensi untuk menjadi wabah belalang yang paling menghancurkan tanaman pangan, jika tidak segera tertangani  lebih cepat.

Pakar iklim mengatakan bahwa hujan lebat yang luar biasa dan dipicu oleh topan kuat di Somalia pada Desember merupakan faktor utama dalam wabah itu.  Belalang itu terbawa oleh badai angin dari Arab dan sekarang memakan tumbuh-tumbuhan di Somalia. Hal itu menyebabkan Kenya, Ethiopia, dan negara-negara Afrika Timur Afrika Barat dan Timur Tengah juga harus waspada terhadap serbuan belalang dari Somalia.

Alberto Trillo Barca, juru bicara dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO)  meminta donator internasional untuk memberikan Rp 1 miliar segera, guna membantu mengendalikan wabah ini. Dikabarkan, sejauh ini  dana bantuan sebesar Rp 260 juta untuk membantu Somalia telah terkumpul.