COVID -19,Nama Resmi Virus Corona Mematikan dari China

Foto Getty Image
Foto Getty Image

Jenewa, Sayangi.com- Wabah virus Corona yang berasal dari Wuhan China belum mereda hilang.Badan kesehatan internasional, (WHO) mengumumkan virus Corona mematikan dari China memiliki nama resmi COVID-19.

Badan kesehatan internasional WHO mengatakan penyakit itu mewakili ancaman yang sangat serius bagi dunia. Akan tetapi secara realistis ada kesempatan untuk menghentikannya.

“Kami sekarang memiliki nama untuk penyakit ini dan itu COVID-19,” kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan di Jenewa.

Tedros menerangkan bahwa “co” adalah singkatan dari “corona”, “vi” untuk “virus” dan “d” untuk “penyakit”, sementara “19” adalah untuk tahun. Nama tersebut merujuk saat pertama kali wabah ini diidentifikasi pada tanggal 31 Desember 2019.

Kepala WHO, Tedros mengatakan nama itu telah dipilih untuk menghindari referensi ke lokasi geografis tertentu, spesies hewan atau sekelompok orang sesuai dengan rekomendasi internasional. Penamaan tersebut bertujuan untuk mencegah stigmatisasi.

Tedros menambahkan sebelumnya WHO telah memberi nama sementara virus “penyakit pernafasan akut 2019-nCoV”. Dan Komisi Kesehatan Nasional China minggu ini mengatakan sementara waktu menyebutnya “novel coronavirus pneumonia” atau NCP.

Virus Corona telah memakan korban jiwa lebih dari 1.000 orang, menginfeksi lebih dari 42.000 dan cakupannya mencapai 25 negara. Berdasarkan kondisi ini WHO menyatakan darurat kesehatan global.