Abdul Kholik Ungkap Peran Santri Sebagai Garda 4 Pilar Bangsa

Anggota DPD RI Abdul Kholik ketika menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di hadapan para santri di Kantor Perwakilan DPD RI Jawa Tengah, Jalan Imam Bonjol, Semarang (11/2/2020).

Semarang, Sayangi.com – Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik, SH., M.Si menyelenggarakan program sosialisasi empat pilar kebangsaan degan peserta para santri di Kantor Perwakilan DPD RI Jawa Tengah, Jalan Imam Bonjol, Semarang (11/2/2020). Kegiatan tersebut dihadiri para santri dari kabupaten/kota di Semarang dan sekitarnya.

Menurutnya, sejarah perjuangan bangsa sejak era kemerdekaan tidak pernah terlepas dari peran penting para santri.

“Pangeran Diponegoro misalnya adalah santri yang berjuangan Belanda, karena melihat penderitaan rakyat akibat penjajah,” kata Abdul Kholik.

Begitupun pada era awal kemerdekaan, perjuangan heroik para santri di Surabaya berperang melawan tentara Inggris. Momen itu dikenal dan diperingati sebagai hari pahlawan 10 November.

Karena itu peran santri sangat signifikan baik dulu, kini, dan masa datang. Termasuk dalam mensukseskan program empat pilar MPR, yaitu meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, bhineka tunggal Ika, dan NKRI.

“Para santri merupakan garda utama dalam menjaga empat pilar bangsa,” pungkasnya.