Sikap Rendah Hati Idham Azis, Tauladan yang Membekas di Ingatan Masyarakat

Jakarta, Sayangi.com – Sikap rendah hati dan perilaku positif Kapolri Pol Jenderal Idham Azis terus membekas dalam ingatan publik. Tak terkecuali oleh alumni Magister Ketahanan Nasional Universitas Indonesia (UI), Varhan Abdul Azis.

Pada Selasa (11/2), Varhan bertemu Idham kala menghadiri Peresmian Indonesia Safety Driving Center (ISDC), yang digelar Korlantas Polri.

“Yang membuat saya kaget, semua orang yang ada di panggung disalaminya. Ini jenderal menghargai betul orang-orang di sekitarnya. Jenderal polisi bintang tiga, dua, satu bahkan Kombes yang hadir di sana, bahkan ada yang senior beliau, semua disapa dengan kata, ‘Bang’ dengan penuh hormat,” ujar Varhan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/2).

“Saya menyaksikan pemandangan ‘jleb’, saking menghargainya ia pada senior, ada beberapa jenderal di bawahnya yang ia berikan hormat terlebih dahulu saat beliau menghampirinya,” imbuhnya.

Bukan hanya salam dan sapa, bahasa tubuh yang ditunjukkan Idham, menurut Varhan juga memperlihatkan penghormatan terhadap bawahan yang merupakan seniornya di kepolisian.

“Masya Allah, rendah hati sekali jenderal ini.  Menjadi kewajaran bawahan hormat mengawali, ini atasan memberi hormat di awal, penghargaan kepada abang-abangya. Dari gesture-nya, Kapolri ini tidak segan menyalami sambil membungkuk sinyal ‘pakewuh’ terhadap pendahulunya. Big respect!” tuturnya.

Varhan mengaku sempat terkejut dan termenung dengan sikap yang ditunjukkan Idham. Dia merasa telah menemukan satu pejabat yang bisa dijadikannya teladan.

“Saya harus belajar banyak sama sosok ini . Kalau saya jadi pejabat nanti, sudah ketemu salah satu role model. Attitude terkecil adalah cara seseorang menyapa orang lain. Tapi first sight inilah yg jadi penilaian abadi,” jelasnya.

Meski tak sempat bersalaman dan hanya diberi anggukan oleh Idham, Varhan mengaku mendapat kesan baik penuh makna dari perjumpaan itu. Menurutnya, Idham merupakan sosok yang sederhana dan bersahaja.

Contoh lain yang membekas, adalah ketika mantan Kabareskrim Polri itu meminta seluruh peserta yang hadir di acara di Aula Pusdik Korlantas Polri, Serpong, untuk langsung kembali ke rumah. Ia mengimbau peserta tak perlu menginap di hotel, karena bisa menghabiskan biaya dan membuang waktu.

Terakhir, Varhan dibuat terkesan dengan suara Idham yang menyanyikan lagu “Titip Rindu Buat Ayah” ciptaan musisi legendaris Ebiet G. Ade. Menurutnya, Idham juga merupakan sosok ‘ayah’ yang pas bagi Polri.

“Polri memiliki ayah yang tepat untuk anak-anaknya. Ayah kita semua Jenderal Idham Azis,” kata Varhan.

“Saya membuat tulisan ini bukan karena punya nama belakang sama dengan Kapolri.  Kami tidak satu marga, beliau orang Sulawesi, saya blasteran Bali-India. Tidak ada kaitan saudara, kecuali dari Nabi Adam,” pungkasnya.