Menteri Keuangan Inggris Sajid Javid Mundur

Sajid Javid Menteri Keuangan Inggris Foto The Sun
Sajid Javid Menteri Keuangan Inggris Foto The Sun

London,Sayangi.com- Dihari Perdana Menteri Ingris bongkar kabinet Senin (10/2) lalu ,Menteri Keuangan Inggris Sajid Javid mengundurkan diri. Meski Javid tidak ikut dibongkar oleh PM  Boris Johnson namun  pada Kamis (13/2) seorang juru bicara mengkonfirmasi Javid keluar dari pemerintahan.

Pengunduran diri Javid itu menyusul laporan yang menyebut ia berselisih dengan penasihat utama perdana menteri yang berkuasa, Dominic Cummings. Dan pada hari itu Javid dijadwalkan mengirimkan anggaran tahunan bulan depan.

Langkah Javid mengundurkan diri dinilai dapat mengguncang pemerintah. Sebab, saat ini Inggris juga sedang menghadapi tantangan untuk menegosiasikan kembali hubungan baru dengan 27 negara anggota Uni Eropa.

Dilaporkan ketidak cocokan Javid juga dipicu oleh Johnson memiliki rencana infrastruktur yang ambius. Salah satunya, pembangunan kereta cepat yang senilai 100 miliar poundsterling.

Associated Press melaporkan Menkeu Inggris  Javid mengundurkan diri setelah memecat semua pembantunya. Javid juga telah mengganti mereka dengan staf yang ditunjuk kantor perdana menteri. Pada Kamis kemarin Johnson telah memecat dan menunjuk menteri-menteri baru pada posisi strategis.

sumber: Deutch Welle