Polisi Thailand Gerebek Klinik Pengganti Ibu

Polisi Thailand menggerebek sebuah klinik penyewaan rahim. Foto Asia One
Polisi Thailand menggerebek sebuah klinik penyewaan rahim. Foto Asia One

Bangkok,Sayangi.com- Kepolisian Thailand menggerebek sebuah rumah di Ibu Kota Bangkok yang diduga menjadi sebuah klinik illegal surrogacy atau kehamilan buatan lewat ibu pengganti (penyewa rahim).

Wakil Komandan Kepolisian Investigasi Pusat Thailand, Torsak Sukwimol, menjelaskan klinik itu berlokasi di sebuah rumah tinggal di jalan Naknivas di Lat Phrao, Thailand.

Torsak menyebutkan penggeledehan ini adalah operasi bersama antara divisi anti-perdagangan manusia dengan Resimen Kerajaan 904. Ia juga menjelaskan di tempat kejadian perkara pihaknya menemukan tujuh perempuan dan seorang bayi yang baru lahir berusia 30 hari.

Salah satu perempuan di sana mengaku, dia direkrut untuk menjadi ibu pengganti (penyewa rahim). Polisi juga menemukan  tujuh perempuan yang ditemukan sudah di suntik sprema, agar mereka akan segera hamil.

Asia Tenggara sudah lama terkenal sebagai tempat tujuan bagi pasangan-pasangan yang kurang subur untuk mencari anak melalui ibu pengganti. Kerajaan Thailand telah melarang praktik semacam pengganti ibu sejak 2015.

sumber: Asiaone