Ingin Hidup Mewah, Pedagang Pecel Lele Nekat Nyuri di Rumah Kosong

Jakarta, Sayangi.com – Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang pelaku pencurian rumah kosong berinisial I. Pelaku biasa melakukan aksinya seorang diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, sebelumnya I berprofesi sebagai pedagang pecel lele. Namun karena kebutuhan dan keinginan untuk hidup lebih mewah, akhirnya ia gelap mata.

“Karena tekanan ekonomi dan hasil dagangan Pecel Lele yang tak bisa memenuhi kebutuhannya, alasan pelaku melakukan pencurian di rumah kosong,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu (19/2).

Yusri menjelaskan, sebelum beraksi warga Bekasi Timur ini melakukan survei. Jika telah yakin bahwa rumah incarannya kosong, ia akan mulai melakukan aksinya.

“Pelaku berjalan kaki untuk memantau rumah kosong. Jika tidak ada orang atau rumah yang rumputnya tumbuh dan tak terawat, pelaku langsung menggasak isinya,” katanya.

Saat dilakukan penangkapan, kata Yusri, pelaku mencoba melarikan diri. Dengan terpaksa, polisi melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku.

“Petugas langsung menembak kaki pelaku. Hal ini terpaksa dilakukan karena pelaku ingin melarikan diri, ketika akan ditangkap petugas,” jelasnya.

Karena perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara