Presiden Xi Jinping Sebut Wabah Corona Membuat China Terpuruk

Donald Trump dan Xi Jinping

Beijing,Sayangi.com- Presiden China Xi Jinping mengatakan wabah atau epidemi virus Corona baru, Covid-19, adalah keadaan darurat kesehatan publik terbesar di negaranya. Pernyataan Xi disampaikan pada hari Minggu saat korban meninggal akibat wabah Corona tercatat sudah mencapai lebih dari 2.400 orang.

Jinping menyatakan”Epidemi ini adalah darurat kesehatan masyarakat terbesar sejak berdirinya Republik Rakyat (China) pada 1949. Dan situasi ini adalah krisis bagi kami dan hal ini adalah ujian besar. Ucapan Jinping dibuat dalam pidato sambutan yang disiarkan stasiun televisi pemerintah.

Dalam pengakuan yang langka, Xi menambahkan bahwa China harus belajar dari kekurangan nyata yang terlihat selama respons terhadap wabah Covid-19.

Dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji Beijing atas respons-nya terhadap epidemi ini. Namun, pemerintah China dikritik publik di dalam negeri karena membungkam peringatan dini dari seorang dokter whistleblower, Li Wenliang. Tak lama setelah itu dokter Li Wenliang meninggal karena terpapar virus tersebut.

Virus Corona atau Covid-19 pertama kali terdeteksi muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada akhir Desember 2019. Hingga kini Virus Corona sudah menembus 33 negara.

Korban meninggal secara global akibat wabah penyakit ini sudah mencapai 2.470 orang hingga pagi ini (24/2/2020). Dari jumlah itu, kematian terbesar terjadi di China yang mencapai 2.444 orang.

Negara Iran berada menempati posisi kedua dengan mencatat 8 kematian., disusul negara Korea Selatan sebanyak 4 orang. Sisanya kematian di kapal Diamond Princees 3 orang, Italia 3 Orang,Jepang 1 Orang, Hong Kong 2 Orang, kemudian Taiwan,Filipina 1 orang. Negara Eropa Prancis Virus Corona memakan 1 korban jiwa.
sumber: News Channel Asia