Kerusuhan AEON Mall JGC, Polisi Tetapkan Delapan Tersangka

Jakarta, Sayangi.com – Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto mengatakan, Polres Metro Jakarta Timur telah menetapkan delapan tersangka terkait perusakan di Mal Aeon di Jakarta Garden City (JGC) Cakung, Jakarta Timur.

Sebelumnya, 23 orang sempat diamankan, delapan diantaranya akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

“Dilakukan pemeriksaan dan ditetapkan delapan orang sebagai tersangka tindak pidana kekerasan secara bersama-sama,” ujar Suyudi di Mapolres Metro Jakarta Timur, Rabu (26/2).

Para tersangka ialah AW (20), IF (22),  HB (17), SA (16), ARS (15), FAS (16), DA (16), dan AB (16). Mereka memiliki peran berbeda-beda, ada yang melakukan perusakan pagar, perusakan pos sekuriti, memecahkan kaca-kaca mal, dan kekerasan dalam bentuk yang lain.

Mereka akhirnya dijerat dengan Pasal 170 dan atau Pasal 160 dan atau Pasal 406 KUHP, dengan ancaman pidana di atas lima tahun penjara.

Sebelumnya, sebuah video warga menggeruduk kantor pemasaran AEON mall Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur, viral di media sosial. Peristiwa penggerudukan terjadi pada Selasa (25/2) siang.

Ratusan warga memprotes pihak manajemen JGC lantaran dinilai menjadi penyebab banjir di wilayahnya. Seperti diketahui, wilayah Kayu Tinggi, Jakarta Timur kembali terendam banjir.

Kapolsek Cakung Kompol Pandji Santoso mengatakan, massa meminta penjelasan kepada pihak management. Pasalnya, warga merasa yakin bangunan tersebut jadi biang keladi banjir kali ini.

“Kata warga konturnya ada yang tidak beres, sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Padahal, banjir itu kan terjadi di mana-mana,” ujar Pandji saat dikonfirmasi wartawan.