Virus Corona Telah Merambah Georgia

Foto Getty Image
Foto Getty Image

Tbilisi,Sayangi.com- Negara Georgia melaporkan kasus pertama virus korona di negeri itu.Georgia sebuah negara di Eropa Timur, yang berpenduduk 3,75 juta jiwa bekas republik di Uni Soviet.

Menteri Kesehatan Georgi Ekaterine Tikaradze mengatakan pasien terinfeksi adalah warga Georgia yang bepergian ke Iran dengan menyeberang lewat Azerbaijan. Dari pos perbatasan ia segera dibawa ke rumah sakit,” kata Tikaradz, Kamis (27/2).

Tikaradze mengatakan orang yang terinfeksi menyeberang dari perbatasan Georgia dengan Azerbaijan menggunakan mini-bus. Mobil itu diisi 13 orang. Ia mengatakan semua penumpang sudah diperiksa oleh petugas perbatasan dan dibawa ke rumah sakit. “Kasus positif virus corona hanya ada satu,” katanya.

Menkes Georgia ini mengatakan meskipun penumpang-penumpang lainnya dinyatakan negatif namun tetap berada di karantina. Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia sudah membentuk kelompok koordinasi.

Badan pers kantor perdana menteri mengatakan tugas kelompok tersebut mencegah penyebaran wabah di negara Georgia. Kelompok itu memutuskan untuk menghentikan sementara akses antara Georgia dan Iran selama dua pekan.

Terhitung dari  29 Januari lalu, Georgia sudah menghentikan sementara penerbangan langsung dari dan ke China selama dua bulan. Pada 23 Februari, negara berpopulasi 3,9 juta jiwa itu mengambil keputusan yang sama terhadap negara Iran. Pemerintah Georgia sudah mengimbau warganya untuk tidak bepergian ke dua negara itu.

sumber: Aljazeera