Beijing Klaim 13 Provinsi di China Bebas dari Pandemi Virus Corona

Wabah Virus Corona merebak di Iran. Foto AP
Wabah Virus Corona merebak di Iran. Foto AP

Beijing,Sayangi.com- Lewat sebuah pernyataan pada Senin (16/3) pukul 11 pagi waktu setempat otoritas China mengklaim sekitar 13 provinsi dinyatakan sudah terbebas dari pandemi virus corona.

Laporan yang dirilis China Central Television (CCTV) mengungkapkan 13 provinsi yang mengonfirmasi tidak ada kasus corona antara lain Tibet, Xinjiang, Qinghai, Fujian, Anhui, Jiangxi, Shanix, Hunan, Jiangsu, Chongqing, Guizhou, Jilin, dan Tianjin.

Dalam release diatas juga menyebutkan penyebaran virus corona di Kota Wuhan, Provins Hubei hingga kini masih ditemukan namun jumlahnya semakin mengecil.

Beijing telah mengonfirmasi 16 kasus dan 14 kematian baru. Jumlah ini jauh menurun drastis dibandingkan di awal penyebaran Covid-19 selama dua bulan pertama. Merujuk data yang dirilis John Hopkins University hingga Senin menuliskan kasus pandemi virus corona di China mencapai 80.860.

Jumlah korban  meninggal terbanyak  berasal dari Kota Wuhan. Beijing menyebutkan 3.213 orang dilaporkan meninggal, sementara 67.490 pasien dinyatakan sembuh dan 3.032 lainnya dalam kondisi sakit serius.

Hingga berita ini diturunanlan jumlah orang yang terinfeksi virus corona diseluruh dunia tercatat 170.316.  Sekitar 6.511 dinyatakan meninggal dan 77.084 pasien dinyatakan sembuh. Data tersebut didapat John Hopkins University dari laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah sumber tambahan lainnya. Saat ini kasus Covid-19 yang terjadi di luar China tercatat lebih banyak. Padahal China merupakan negara sumber penyebaran virus Corona.

Dilaporkan di luar wilayah China, penyebaran Covid-19 terbesar terjadi di Italia dengan 24.747 kasus dan 1809 kasus kematian, dengan lonjakan kematian sebesar 368 orang. Kemudian disusul Iran dengan 13.938 kasus dan 724 kematian. Sedangkan Korea Selatan melaporkan 8236 kasus dengan jumlah 75 orang meninggal.

sumber:CNN News