Uni Eropa Larang Masuknya Warga Asing

Brussel,Sayangi.com- Uni Eropa telah menerapkan kebijakan larangan masuk bagi warga dari negara-negara di luar perhimpunannya selama 30 hari ke depan. Langkah tersebut bertujuan menekan penyebaran virus Covid-19.

Larangan tersebut diharapkan bakal diterapkan oleh 26 negara anggota Uni Eropa serta Islandia, Liechtenstein, termasuk Norwegia, dan Swiss. Kebijakan Uni Eropa menutup diri dari dunia luar belum pernah terjadi sebelumnya.

Keputusan pelarangan telah disepakati dalam rapat telekonferensi para pemimpin Uni Eropa pada Selasa (17/3) sore waktu setempat. Lewat teleconference Ketua Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan “Ini bagus sehingga kita memiliki pendekatan dengan suara bulat dan bersatu (di mana) perbatasan eksternal mendapat perhatian.

Namun larangan masuk akan memengaruhi semua warga non-Uni Eropa. Larangan ini tidak berdampak pada penduduk jangka panjang, anggota keluarga dari warga negara dan diplomat Uni Eropa, pekerja lintas-batas, layanan kesehatan, dan orang-orang yang mengirim barang.

Inggris dan Republik Irlandia akan diundang untuk turut menerapkan larangan tersebut, walau Inggris telah resmi hengkang dari Uni Eropa pada Januari lalu. Dikabarkan penduduk negeri Ratu Elizabeth tidak terdampak kebijakan larangan masuk Uni Eropa.

Keputusan Uni Eropa menerapkan larangan masuk bagi warga asing diambil saat jumlah kematian akibat Covid-19 di Italia dan Spanyol terus meningkat. Dilaporkan Prancis juga mulai menerapkan langkah-langkah penanganan yang ketat.

sumber: Reuters