Myanmar Korfirmasi Terpapar Virus Corona

Foto Reuters
Foto Reuters

Naypyidaw, Sayangi.com- Saat penyebaran virus corona terus meluas di Asia Tenggara, Laos dan Myanmar menjadi dua negara di kawasan yang pernah mengklaim tak terpapar Covid-19.

Namun Senin (23/3) Myanmar mengumumkan kasus infeksi virus corona pertama, setelah sejumlah pihak sempat meragukan negara itu seolah kebal Covid-19. Dalam keterangan perdananya, Kementerian Kesehatan Myanmar langsung mengonfirmasi dua kasus, yaitu seorang pria baru kembali dari Amerika Serikat dan satu laki-laki yang pulang dari Inggris.

Kemenkes Myanmar menyatakan “Kami akan menginvestigasi semua orang yang berhubungan dekat dengan kedua pria ini. Berdasarkan data pemerintah Myanmar, total terdapat 176 pasien suspect corona terhitung sejak Januari hingga akhir pekan lalu.

Dikutip Kyodo News Selasa (24/3), pemerintah Myanmar menyatakan seluruh suspect corona itu telah diperiksa dan semuanya dinyatakan negatif Covid-19. Dan per Senin (23/3), Kementerian Kesehatan Myanmar mencatat 12 pasien suspect corona baru yang masih menunggu hasil pemeriksaan

Sejak wabah ini merebak,Myanmar yang sama sekali tak melaporkan kasus corona di negaranya. Sejumlah pihak curiga karena Myanmar berbatasan langsung dengan sumber virus corona (China) dan sanitasi di negara itu juga belum berkembang pesat.

Sebagai negara yang baru selesai berkonflik, Myanmar juga memiliki keterbatasan fasilitas kesehatan, terutama peralatan untuk pemeriksaan Covid-19. Kepada New York Times, salah satu dokter bedah di RSU Mandalay Myanmar, Aung Aung, bahkan merasa ragu bahwa negaranya telah memiliki teknik modern untuk melacak virus corona.
sumber: AFP