Trump : KTT G20 Akan Bahas Pentingnya Berbagi Data Pandemi Covid-19

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dan Presiden AS Donald Trump/ EPA

Jakarta,Sayangi.com- Ditengah pendemik virus corona Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan KTT Luar Biasa G20 kali ini akan membahas pentingnya berbagi data dan informasi Covid-19.

Orang no 1 AS ini mengatakan para pemimpin membahas betapa pentingnya bagi semua negara untuk segera berbagi informasi dan data di KTT Luar Biasa G20. Tahun ini penyelenggara KTT G20 adalah Arab Saudi.

Dilaporkan para pemimpin G20 mengatakan berniat menyuntikkan stimulus fiskal senilai US$5 triliun secara global. Hal ini sebagi bentuk komitmen dalam melakukan segala upaya guna mengatasi penyebaran virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian

“Virus tidak memandang perbatasan,” ujar salah satu pemimpin negara dalam sebuah pernyataan bersama setelah pertemuan virtual G20, seperti dikutip Bloomberg. “Kami sangat berkomitmen untuk menghadirkan front persatuan melawan ancaman bersama ini.”

Kami akan terus melakukan dukungan fiskal besar-besaran. Besarnya dan ruang lingkup dari respons ini akan membuat ekonomi global kembali berdiri dan menetapkan dasar yang kuat untuk perlindungan pekerjaan dan pemulihan pertumbuhan,” lanjut pernyataan tersebut.

Namun pernyataan bersama pertemuan G20 tidak menyebutkan guncangan pasar minyak yang dipicu oleh perang harga antara Arab Saudi dan Rusia. Meski demikian Trump telah menekan Arab Saudi untuk membatalkan rencananya untuk membanjiri pasar minyak.  Saat ini  harga minyak anjlok ke level terendah dan keadaan tersebut  terjadi hampir dua dekade terakhir.

Sumber : Bloomberg