Polisi Sita 27 Kg Sabu, Tiga Orang Kurir Berhasil Ditangkap

Jakarta, Sayangi.com – Subdit II Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap tiga kurir narkoba jenis sabu berinisial JU alias S (52), MZ (22) dan LOS (48). Mereka ditangkap di kawasan Pulau Sumpat, Kepulauan Riau, Sabtu (21/3).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari ditangkapnya tersangka EM pada 10 Juli 2019, dengan barang bukti 10 kilogram sabu. Keterangan dari tersangka EM, akan datang sabu dari Malaysia yang diterima JU.

“Senin tanggal 2 Maret 2020 JU melakukan pembelian mesin speed boat di PT Rofiko Batam. Kemudian, Selasa 3 Maret 2020, JU dan LOS membeli Kapal Pancing kecil di wilayah Tanjung Berakit, Bintan. Pada hari Senin 9 Maret 2020 kedua target tersebut memindahkan kapal pancing warna hijau ke Tanjung Pinang, kapal tersebut akan digunakan untuk transaksi narkoba di laut,” ujar Nana di Mapolda Metro Jaya, Jumat (27/3).

Subdit II Ditresnarkoba yang dipimpin oleh kasubdit AKBP R. Bagoes Wibisono kemudian berangkat menggunakan speedboat dari Malaysia – Bintan – Tanjung Pinang – Belitung – Jakarta. Selanjutnya tim berkoordinasi dengan Subdit Narkotik Bea Cukai Pusat dan Kanwilsus DJBC Kepulauan Riau untuk melakukan pengejaran menggunakan Speed Boat BC 1288.

“Pada Sabtu 21 Maret 2020 Subdit II Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya bersama Tim Bea Cukai melakukan penangkapan terhadap ke tiga tersangka JU, MZ dan LOS di Pulau Sumpat, Kepulauan Riau, ditemukan Barang Bukti 2 Galon warna biru berisi 26 bungkus sabu dengan berat bruto 27 kilogram,” kata Nana.

Nana menjelaskan, dari keterangan tersangka JU, barang bukti sabu tersebut akan dibawa ke Jakarta bersama tersangka MZ dan LOS. Rencananya mereka akan membawa barang haram tersebut ke Jakarta dengan menggunakan kapal pancing hijau.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 115 ayat 2 lebih subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan pidana maksimal hukuman mati.