Minimalisir Dampak Corona, Deutsche Bank Tunda PHK Karyawan

Deutch Bank jasa usaha keuangan swata yang dibiayai oleh pemerintah Jerman.
Deutch Bank jasa usaha keuangan swata yang dibiayai oleh pemerintah Jerman.

Berlin,Sayani.com- Bank yang berpusat di Jerman Deutsche Bank AG memutuskan untuk menunda rencana pemutusan hubungan kerja akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya perusahaan telah menargetkan bakal memangkas hampir 14.000 pekerjaan dalam waktu 3 tahun ke depan.

“Untuk menghindari tekanan emosional tambahan di tengah kondisi yang seperti ini [pandemi], kami akan menunda kebijakan restrukturisasi individual. Penundaan ini akan berlaku hingga kami melihat adanya stabilitas lagi,” tulis Deutsche Bank dalam keterangan tertulis yang dibagikan awak media.

Kebijakan penundaan menganulir keputusan Chief Executive Officer (CEO) Christian Sewing. Awalnya,CEO  Sewing ingin memangkas karyawan guna  mengembalikan profitabilitas bank itu. Sebelumnya laporan tahunan bank tersebut mengalami kerugian selama lebih dari setengah dekade. Sejak program ini diluncurkan, bank ini telah memangkas setidaknya 3.000 pekerjaan.

Bank yang berpusat di Hesse, Frankfurt,  menyatakan semua diskusi mengenai rencana restrukturisasi terus dilanjutkan, sejumlah kebijakan sudah diputuskan dan segera diterapkan. Lebih lanjut, perusahaan itu menegaskan komitmennya untuk melakukan transformasi dan penyesuaian biaya, serta siap untuk mealokasikan sumber daya untuk proyek-proyek strategis.

“Deutsche Bank dalam posisi yang sulit,” jelas analis Berenberg, Eoin Mullany. Menurutnya, upaya untuk melakukan restrukturisasi sesuai rencana di tengah hantaman pandemi Covid-19 akan membuat situasi sangat sulit.
sumber : Bloomberg