Tak Penuhi Kriteria, Belanda Tarik Masker Buatan China

Masker Buatan China tidak memenuhi standard kesehatan pemerintah Belanda. Foto Global Times
Masker Buatan China tidak memenuhi standard kesehatan pemerintah Belanda. Foto Global Times

Den Haag,Sayangi.com- Otoritas Belanda telah menarik puluhan ribu masker yang diimpor dari China. Rencana awal puluhan ribu masker tersebut didistribusikan untuk mengatasi wabah virus korona. Akan tetapi puluhan ribu masker buatan negeri China itu tidak memenuhi standar kualitas.

Kementerian Kesehatan Belanda mengatakan pihaknya menerima pengiriman masker buatan Tiongkok pada 21 Maret 2020. Saat dilakukan pengecekan, masker asal China terbukti tidak memenuhi standar kesehatan pemerintah Belanda.  Apesnya saat dilakukan pengecekan masker dari negeri panda ini telah didistribusikan kepada para tenaga medis.

Pejabat Kementerian Kesehatan Belanda mengatakan secara cepat sisa masker impor  dari China tersebut ditangguhkan dan tidak didistribusikan. Pengujian kedua yang dilakukan Diskes Belanda juga mengungkapkan bahwa masker tidak memenuhi norma kualitas. Sekarang telah diputuskan untuk tidak menggunakan masker produk China,ujarnya.

Pemerintah Belanda mengatakan pihaknya akan melakukan pengujian masker yang datang dari negara lain. Stasiun televisi Belanda NOS melaporkan pemerintah Belanda telah menarik setengah dari 1,3 juta masker asal China dengan nama FFP2. Selain itu, dilaporkan bahwa masker tersebut tidak menutup dengan rapat serta filternya tidak layak.

Belanda bukan satu-satunya negara yang mengeluhkan produk medis buatan China. Pekan lalu, Spanyol akan mengembalikan lebih dari 600 juta alat ujit tes cepat atau rapid testing kits yang dibeli dari sebuah perusahaan China. Euronews melaporkan bahwa alat uji cepat yang diimpor dari Tiongkok hanya memiliki kemampuan mendeteksi sebanyak 30%.

sumber : AFP