Arab Saudi Gratiskan Seluruh Ongkos Pengobatan Pasien Virus Corona

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz

Riyadh, Sayangi.com- Arab Saudi menggratiskan seluruh biaya perawatan rumah sakit pasien Covid-19. Kebijakan ini pun berlaku untuk semua penduduk tanpa mendiskriminasi siapapun.

Menteri kesehatan Arab Saudi Dr. Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, mengatakan, Raja Salman telah memerintahkan perawatan gratis untuk semua pasien coronavirus. Perawatan gratis tersebut berlaku di semua fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun milik swasta. Kebijakan ini pun berlaku bagi warga dan penduduk, bahkan mereka yang melanggar undang-undang kependudukan.

Dasar kebijakan ini lahir atas perintah kerajaan dan keinginan raja yang mengutamakan kesehatan warga dan penduduknya. Keputusan ini untuk memastikan keselamatan semua orang. Data menunjukkan, jumlah korban dari virus corona di Arab Saudi mencapai 1.453 pada hari Senin, dengan catatan 8 tewas dan 115 yang dinyatakan sembuh.

Presiden Komisi Hak Asasi Manusia Saudi, Awwad bin Saleh Al-Awwad, berterima kasih kepada Raja Salman atas intruksinya tersebut. “Ini sungguh mencerminkan kemanusiaan manusia dan moral, kebijakan yang diterapkan Kerajaan dalam menangani pandemi ini. Kerajan  juga ingin memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang diperlukan sesuai dengan standar medis tertinggi tanpa diskriminasi,” sambungnya.

Al-Awwad menambahkan, kebijakan ini memberikan contoh sempurna dalam menjaga hak asasi manusia dan martabat karena semua orang, baik warga negara atau penduduk. Semua yang tingga di Saudi dapat menikmati jaminan kesehatan dan keselamatan, termasuk bagi mereka pelanggar sistem residensi.

Langkah ini menunjukkan bahwa aset paling berharga bagi Arab Saudi adalah manusia. Kerajaan menjamin kehidupan yang layak dan sehat, hak utama semua orang,” ucap Awwad bin Saleh Al-Awwad.

sumber : Arabnews