Dorong Roda Ekonomi Selama Pendemi Korsel Tawarkan Bantuan Finansial

Warga Korea mengantri untuk diperikasa petugas medis. Foto nytimes
Warga Korea mengantri untuk diperikasa petugas medis. Foto nytimes

Seoul,Sayangi.com- Negara Korea Selatan menyatakan akan memberikan dana tunai darurat untuk banyak warganya, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ekonominya dalam menghadapi pandemi virus corona.

Presiden Moon Jae-in, Senin (30/3) mengumumkan dalam rapat dengan satgas khusus. Selesai rapat Jae-in mengumumkan bahwa pemerintah akan membayar sekitar 820 dolar per keluarga, kecuali mereka yang termasuk kelompok 30 persen berpenghasilan terbanyak, sehingga totalnya mencapai 7,4 miliar dolar.

Presiden Moon menyatakan pembayaran itu merupakan kompensasi bagi warga Korea Selatan yang menjalani langkah-langkah selama berhari-hari dan berpekan-pekan untuk menghentikan penyebaran COVID-19, termasuk karantina dan social distancing.

Hingga Minggu (29/3), kemarin Korea Selatan tercatat memiliki 9.661 kasus terkonfirmasi, dengan 159 kematian akibat virus corona dan 5.228 lainnya telah sembuh. Negara ini mendapat pujian Internasional karena tes regular terhadap ratusan orang setiap hari, yang membantu memperlambat penyebaran virus.

Namun negara penghasil ginseng ini kembali menghadapi peningkatan kasus COVID-19 yang terjangkit di luar negeri. Kondisi ini mendorong pemerintah Korsel hari Senin (30/3) mengumumkan mengenai pemberlakuan karantina. Karantina kali ini wajib 14 hari efektif mulai 1 April terhadap semua pengunjung dari luar negeri pada saat kedatangan mereka di wlayah Korea Selatan.

sumber: voa news