Bantu Perangi Corona Rusia Kirim Peralatan Medis Ke AS

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto LATE
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto LATE

Moskow,Sayangi.com- Virus Corona semakin liar menelan korban di seluruh dunia. Otoritas Amerika melaporkan kasus yang dikonfirmasi paparan virus corona di negara ini terus meningkat. Laporan Selasa (31/3)waktu setempat menyebutkan paparan virus dari Wuhan telah meningkat mendekati 180.000 dengan 16.000 kasus positif baru.

Selama dua hari berturut-turut, AS mencatat lebih dari 500 kematian baru. Menurut data Reuters berdasarkan laporan resmi, saat ini korban tewas akibat corona di AS totalnya mencapai hampir 3.600.

Sebagai solidaritas,Rusia mengirim peralatan medis ke Amerika Serikat (AS) sebagai bantuan untuk memerangi wabah virus corona.Satu pesawat Rusia membawa peralatan medis dan pelindung telah terbang menuju AS pada Selasa (31/3).

Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan bantuan itu saat percakapan telepon dengan Presiden AS Donald Trump awal pekan ini. Kedua pemimpin negara ini membahas virus corona dan pasar minyak,serta mengarahkan menteri energi kedua negara untuk berkomunikasi. Trump dengan senang menerima bantuan kemanusiaan ini,” ungkap juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Seperti diberitakan Hubungan antara AS dan Rusia rumit dalam beberapa tahun terakhir akibat sanksi Washington pada sejumlah perusahaan Rusia. Sanski AS guna merespon pencaplokan Crimea oleh Rusia pada 2014 dan dukungan Rusia pada kelompok separatis di Ukraina timur.

Peskov menyebutkan dalam proses menyepakati rincian bantuan medis pada Selasa (31/3), “tampaknya beberapa orang di pihak AS tidak berkontribusi untuk menyelesaikan masalah teknis terkait kesepakatan dua presiden.

Penting untuk ditekankan bahwa saat menawarkan bantuan pada kolega AS, Presiden Putin berasumsi bahwa saat manufaktor peralatan dan bahan medis di AS memiliki momentum, mereka juga akan mampu membalas jika perlu,” papar Peskov.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan Rusia dan China telah bekerja sama dengan cara yang sama sekarang. “Saat situasi sekarang mempengaruh semua orang tanpa pengeculian, tak ada alternatif untuk bekerja sama dengan semangat kemitraan dan saling membantu,” ujarnya.

Gedung Putih menyatakan Putin dan Trump sepakat pentingnya menstabilkan pasar energi global dalam level terendah dalam 18 tahun terakhir ketika virus corona menekan dan menggerus perdagangan transnasional.