Presiden AS Donald Trump Ancam WHO

Presiden A.S. Donald Trump . Foto Reuters
Presiden A.S. Donald Trump . Foto Reuters

Washington,Sayangi.com- Ditengah banyaknya korban covid-19 di Amerika Serkat presiden Donald Trump, Selasa (7/4), mengancam akan menahan pendanaan untuk Badan Kesehatan Dunia (WHO). Keputusan ini Trump ucapkan setelah menuding lembaga itu bersikap condong ke Tiongkok selama pandemi covid-19. Ssebelumnya ancaman ini, Trump pernah mengkritik PBB dan lembaga multilateral lainnya.

Kepada wart58awan, di gedung putih Trump mengatakan dirinya akan menahan pendanaan untuk WHO. Selama ini, sumber dana terbesar badan PBB itu adalah AS. Negara AS akan menghentikan pemberian uang kepada WHO,” ujar Trump yang mengusung agenda America First.

Mantan pengusaha property ini tidak mengatakan berapa besar dana yang akan ditahan. Setelah  konferensi pers, dan dalam kesempatan  yang sama dengan tegas ia menambahkan, “Saya tidak mengatakan akan langsung melakukannya. “Kami akan mengevaluasi untuk mengakhiri pendanaan bagi WHO,” imbuhnya. Menurut Trump, WHO bersikap bias ke arah Tiongkok. “Sikap Itu tidak benar!”

Pernyataan Trump itu melanjutkan komentarnya di Twitter yang menuding WHO sangat Tiongkoksentris. Trump kemudian mempertanyakan mengapa WHO awalnya menentang menutup perjalanan internasional dari Tiongkok untuk mencegah penyebaran virus korona.

“Untungnya, saya mengabaikan nasehat mereka dan menutup perbatasan kami dari Tiongkok sejak awal,” imbuh Trump. Meski begitu, orang no 1 AS ini juga dikecam karena awalnya meremehkan covid-19.

Trump menyebut covid-19 tidak beda dengan flu biasa dan segalanya bakal terkendali di AS. Tak berselang lama Trump akhirnya mengakui  bahwa covid-19 telah menyebabkan darurat nasional di seluruh wilayah Amerika Serikat.