Persewaan Helikopter Online New York Gratiskan Antar Jemput Petugas Medis

Moda Transportasi Helikopter milik Urban Air Mobility,Inc. Foto AP
Moda Transportasi Helikopter milik Urban Air Mobility,Inc. Foto AP

New York,Sayangi.com- Ditengah hantaman virus corona Blade Urban Air Mobility Inc memberikan layanan gratis bagi para petugas medis di New York selama pandemi . Industri ini juga memberi layanan gratis untuk mengangkut alat medis seperti ventilator untuk para pasien.

Melalui layanan bernama Essential Ground Connect Program, perusahaan angkutan helikopter berbasis online ini mengoperasikan kendaraan utilitas sport (SUV) yang sebelumnya digunakan untuk mengangkut penumpang dari landasan pendaratan helikopter ke bandara, untuk mobilisasi selama masa pandemi ini.

Direktur Eksekutif Blade, Rob Wiesenthal memperkirakan bahwa sekitar 75 persen penumpang dalam perjalanan ini, adalah para profesional di Pusat Kesehatan NYU Langone dan Mount Sinai Health System yang yang bertugas di sejumlah rumah sakit di New York. Blade telah bermitra dengan rumah sakit untuk memindahkan mereka tanpa biaya, serta membantu mengangkut peralatan medis ke rumah sakit tersebut. Layanan ini bisa digunakan untuk minimum satu jam.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (10/4/2020), Wiesenthal mengatakan warga biasa juga dapat menggunakan layanan Blade di Manhattan dengan biaya US$65 atau setara Rp1,03 juta per jam. Dan kebijakan perusahaan menuliskan penyewaan  minimum satu jam. Pengendara dapat berhenti berkali-kali, termasuk waktu menunggu, dan perjalanan dapat mencakup beberapa penjemputan atau pengantaran penumpang.

Dalam layanan ini, Blade tetap memperhatikan standar kesehatan. Di dalam mobil mereka memasang penghalang plexiglass yang memisahkan pengemudi dari penumpang. Blade , juga mengontrol agar adanya sirkulasi udara dari luar. Setiap kendaraan pun dibersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan penyemprot dekontaminasi elektrostatik. Dan titik sentuh kendaraanseperti gagang pintu, sabuk pengaman, dibersihkan dengan tangan oleh teknisi.

Pengemudi SUV sebelum berangkat wajib menjalani pemeriksaan suhu, wawancara singkat, dan pengamatan visual oleh anggota tim MediMobility, (divisi transportasi Blade). Pengemudi mengenakan sarung tangan pelindung untuk membuka pintu dan menangani barang bawaan. Dan atau pengendara dapat memilih untuk melakukan semuanya sendiri.

Diberlakukannya layanan ini kata Wiesenthal juga sebagai cara bagi Blade untuk menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) dari 45 orang pekerjanya. Sejauh ini mereka telah memecat 15 pegawai, sementara sisanya tetap dipekerjakan sebagai pengemudi atau koordinator logistik. Saat epidemi corona di New York Blade mengoperasikan  sekitar 20 helikopter.