PM India Modi Perpanjang Lockdown Hingga 3 Mei

Tunawisma India menerima paket mkanan dan masker untuk melakukan karantina dari virus corona. Foto AP
Tunawisma India menerima paket makanan dan masker untuk melakukan karantina dari virus corona. Foto AP

Mumbai,Sayangi.com- India dilaporkan memperpanjang penguncian (locckdown) nasional untuk mengatasi wabah Covid-19 hingga 3 Mei mendatang seperti dikutip Aljazeera.com.

PM Narendra Modi mengumumkan perpanjangan tersebut setelah negara Asia Selatan itu melaporkan lebih dari 10.000 kasus dan hampir 340 kematian.Sesaat sebelum Modi berpidato, beberapa negara bagian di India seperti Benggala Barat juga telah mengumumkan akan memperpanjang masa lockdown di wilayahnya.

Penguncian tiga minggu di negara berpenduduk 1,3 miliar orang telah dimulai pada tengah malam 25 Maret. Awalnya, masa lockdown India berlangsung selama 21 hari yang seharusnya berakhir kemarin, Selasa (14/4/2020).
.
Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sebuah pidato mengatakan, perpanjangan masa lockdown serta langkah-langkah social distancing lainnya telah bermanfaat bagi negara meskipun banyak pengeluaran dari segi perekonomian.

Modi,mengatakan India  perlu menghentikan penyebaran virus dan mengambil langkah-langkah lebih keras untuk mencegah timbulnya titik penyebaran baru virus corona.

Dalam pidatonya Modi juga menyampaikan terima kasihnya kepada rakyat India karena mau mematuhi peraturan lockdown yang diterapkan pemerintah meskipun ada banyak kesulitan yang dialami.

sumber: Channel NewsAsia