Hentikan Pendanaan Ke WHO Trump Dikecam Senat AS

Presiden AS Trump mendapat kecaman senat AS atas keputusannya memberhentikan sumbangan ke WHO. Foto Bitcoin news
Presiden AS Trump mendapat kecaman senat AS atas keputusannya memberhentikan sumbangan ke WHO. Foto Bitcoin news

Washington,Sayangi.com- Pendanaan AS untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dihentikan oleh Presiden Donald Trump. Mantan pengusaha properti ini menyalahkan badan dunia lantaran “kenaikan 20 kali lipat” kasus COVID-19 di seluruh dunia.

WHO, menurut Trump, membuat “keputusan malapetaka” karena menentang restriksi perjalanannya dari China dan menempatkan “kebenaran politik di atas langkah menyelamatkan nyawa.”

Trump mengatakan pembekuan dana untuk WHO akan diberlakukan “selama 60 hingga 90 hari” sementara peninjauan terhadap tanggapannya terhadap wabah virus corona dilakukan. Trump berpendapat WHO gagal dalam “tugas dasarnya” menyelidiki laporan awal dari China mengenai virus itu pada Desember lalu.

Dikabarkan Fraksi Demokrat di Kongres mengecam pengumuman Presiden Amerika Donald Trump tersebut. Keputusan ini berbahaya, ilegal dan akan segera ditentang,” ujar Ketua DPR Nancy Pelosi dalam pernyataan hari Rabu (15/4) waktu setempat.

Pelosi dan anggota lain fraksi Demokrat telah memperingatkan bahwa menghentikan dana untuk badan PBB yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat internasional akan melumpuhkan koordinasi internasional yang diperlukan untuk memerangi pandemi global itu.

Trump menuduh WHO lambat mengenali bahayanya pandemi itu dan “mendorong informasi yang salah dari China” tentang virus tersebut. Menahan dana untuk WHO di tengah-tengah pandemi terburuk dalam satu abad ini hampir sama seperti menghentikan amunisi untuk sekutu sementara musuh mendekat,” kata Senator Patrick Leahy, anggota senior fraksi Demokrat di Komite Alokasi.

“Gedung Putih tahu bahwa pihaknya keliru menangani krisis ini sejak awal, mengabaikan banyak peirngatan dan menyia-nyiakan waktu yang berharga, mengesampingkan ilmu kedokteran, membandingkan COVID-19 dengan flu biasa, dan mengatakan ‘semuanya akan baik-baik saja’,” kata Leahy.

Komite Pengawasan di DPR menambahkan kritik dengan menyatakan dalam sepucuk surat kepada Trump bahwa tudingannya terhadap WHO “mencerminkan tingkat kemunafikan yang mencengangkan. Sedangkan Trump sendiri secara terbuka memuji-muji Presiden Xi Jinping dan kabinetnya atas cara menangani krisis ini.

sumber: CNN News