Trump Gandeng Erdogan Atasi Pendemi Corona

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turky Erdogan. Foto Newsweek
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turky Erdogan. Foto Newsweek

Ankara,Sayangi.com- Pertikaian antara Presiden Trump dan  Presiden Recep Erdogan mereda ditengah pendemi virus corona. Dikabarkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Ahad (19/4). Kedua pemimpin negara ini membahas tentang wabah Covid-19.

Pada komunikasinya Trump dan Erdogan menyatakan komitmen menjalin kerja sama untuk menangani pandemi beserta dampak yang ditimbulkannya. Keduanya sepakat melanjutkan kerja sama erat mereka melawan ancaman yang ditimbulkan pandemi virus corona terhadap kesehatan masyarakat dan ekonomi kita,” tulis kantor kepresidenan Turki dalam sebuah pernyataan.

Namun pernyataan yang direlease tidak menjelaskan secara detail bentuk kerja sama yang akan dijalin kedua negara untuk mengatasi pandemi Covid-19 beserta efeknya. Hingga berita ini ditulis, Turki telah memiliki 86.306 pasien dengan korban meninggal mencapai 2.017 jiwa. Untuk Turki, Istanbul merupakan pusat penyebaran wabah dengan total kasus mencapai 12.231. Dikota ini dilaporkan warga korban meninggal sebesar 117 warga .

Sementara AS memiliki 761.183 kasus Covid-19 dengan 40.403 korban jiwa. Angka itu menjadikan Negeri Paman Sam sebagai negara dengan jumlah kasus dan kematian terbanyak di dunia.

Negara Bagian New York merupakan daerah yang paling parah terdampak wabah. Terdapat lebih dari 242 ribu kasus Covid-19 di wilayah tersebut. Sementara korban meninggal di New York mencapai 13.869 jiwa.

sumber : Anadolu Agencies