Minuman Oplosan Renggut Lebih Dari 100 Warga Meksiko

ilustrasi jenasah. Foto ndtv. com
ilustrasi jenasah. Foto ndtv. com

Mexico Citty,Sayangi.com- Dilaporkan lebih dari 100 orang di Meksiko tewas akibat menenggak minuman keras (miras) oplosan selama dua pekan terakhir. Surat kabar Meksiko, Reforma, melaporkan kejadian itu akibat wabah virus corona menghambat produksi bir oleh sejumlah perusahaan yang sah.

Miras oplosan itu berisi sejumlah bahan berbahaya seperti methanol. Miras oplosan beredar luas saat Heineken dan Grupo Modelo menghentikan produksi sesuai arahan pemerintah untuk menghentikan aktivitas tidak penting.

Otoritas lokal meluncurkan investigasi untuk mencari pemasok miras oplosan itu. Pemerintah Meksiko meminta warga tidak mengonsumsi miras oplosan yang tak diketahui asalnya.

“Korban tewas di sejumlah negara bagian termasuk Jalisco, Yucatan, Puebla dan Morelos terjadi sejak awal bulan. Dan jumlah korban meningkat setelah Hari Ibu di Meksiko yang jatuh pada Minggu (10/5),” papar para pejabat dan media lokal.

Pada Rabu (13/5), dilaporkan  korban tewas di Chiconcuautla Puebla,bertambah menjadi 20. Kejadian ini terjadi sehari setelah otorias mendeklarasikan darurat kesehatan setelah 17 orang tewas akibat menenggak miras oplosan.

Hingga berita ini diturunkan Pemerintah lokal telah menyita 200 liter miras lokal. Pemerintah lokal tengah menyelidiki isi miras yang disebut refine. Regulator kesehatan federal, Cofepris, tengah  menyelidiki penjualan miras oplosan itu.

Di Yucatan, media lokal melaporkan banyak warga meninggal akibat miras oplosan itu. Pada bulan April,lalu pemerintah melarang penjualan miras . Pelarangan tersebut untuk mencegah kekerasan dalam rumah tangga saat semakin banyak orang yang tinggal di rumah selama pandemi corona.

sumber:reuters