Polisi Ungkap Praktik Jual Beli Surat Keterangan Bebas Covid-19 Abal-abal

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Jakarta, Sayangi.com – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap praktik jual beli surat keterangan bebas Covid-19. Pelaku yang memperjualbelikan surat tersebut secara online berhasil ditangkap Polda Bali.

“Terkait dengan jual beli online (surat keterangan bebas Covid-19), saya sudah sampaikan ke Kabareskrim. Kemarin terjadinya di Bali, dan sudah ditangani Kapolda Bali, dan pelakunya sudah ditangkap,” ujar Gatot, Jumat (15/5).

Gatot juga memastikan, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajarannya untuk mengantisipasi agar praktik jual-beli surat keterangan bebas Covid-19 tidak terjadi lagi.

“Kabareskrim sudah sampaikan ke jajarannya untuk antisipasi agar ini tidak terjadi kedepan,” tegasnya.

Seperti diketahui, sebuah toko online diduga telah memperjualbelikan surat keterangan bebas Covid-19. Bahkan surat tersebut juga dilengkapi dengan kop Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Pelaku mematok harga Rp 70 ribu untuk satu surat keterangan bebas Covid-19 ilegal ini. Keberadaan surat tersebut menjadi sangat penting di masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), guna mendapat akses untuk bepergian ke sejumlah daerah.