Moda Transportasi Inggris Mulai Dibuka

Moda Transportasi publik Inggris. Foto Guardian
Moda Transportasi publik Inggris. Foto Guardian

London,Sayangi.com- Jaringan kereta api di Inggris mulai memperbanyak layanan pada Senin, 18 Mei 2020. Langkah ini merupakan relaksasi lockdown virus Corona. Pembukaan layanan kereta setelah pemerintah menerapkan lockdown dua bulan lalu.

Perusahaan Network Rail mengatakan ada 70 persen kereta api yang aktif beroperasi pada Senin (18 /5).Jumlah ini naik dari hanya sekitar setengah jumlah kereta yang aktif saat lockdown diberlakukan pada 23 Maret 2020.

Dilaporkan jumlah penumpang yang diizinkan naik dibatasi hanya 10 – 15 persen dari jumlah normal,” begitu dilansir Reuters pada Selasa, 19 Mei 2020. Operator jaringan kereta api juga menerapkan sistem satu arah di stasiun. Sistem itu memberi tanda jarak di lantai, dan menambah petugas keamanan untuk mencegah terjadinya kerumunan penumpang.

Operator juga melakukan aktivitas pembersihan dalam dan luar kereta api untuk mencegah menempelnya virus Corona atau Covid-19. Otoritas Inggris menghimbau masyarakatnya untuk tidak menggunakan transportasi publik sebisa mungkin. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan.

“Kapasitas transportasi publik menjadi sangat terbatas karena adanya batasan jarak dua meter,” kata Peter Hendy, ketua Network Rail, milik pemerintah. Terkait virus Corona, situs Johns Hopkins University melansir Inggris memiliki 245 ribu kasus infeksi virus Corona, dengan sekitar seribu orang sembuh dan 35 ribu orang meninggal.