Pastikan Keamanan Jelang Lebaran, Wakapolri Tinjau Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek

Jakarta, Sayangi.com – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memantau langsung giat pengamanan jelang Idul Fitri 1441 H. Ada dua lokasi yang dikunjungi Gatot kali ini, yakni di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek.

Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Pelabuhan Merak merupakan akses dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. Oleh karena itu, Wakapolri memantau langsung bagaimana pengamanan di Pelabuhan Merak, di tengah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar.

“Di Pelabuhan Merak Ditlantas Banten memaparkan bagaimana kesiapan daripada menghadapi kegiatan Operasi Ketupat, terutama yang mudik ke Lampung,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (20/5).

Di Merak, sambung Argo, Wakapolri memberi pengarahan dan instruksi terkait pelaksanaan Operasi Ketupat 2020. Dia menegaskan, Polri tetap siap melaksanakan Operasi Ketupat saat masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Intinya bahwa personel siap. Personel TNI dan Polri siap untuk mengamankan Operasi Ketupat. Baik itu di pelabuhan penyeberangan maupun di jalan tol atau jalan arteri,” katanya.

Selain di pelabuhan, kata Argo, Polri juga telah membangun posko di tol Jakarta-Cikampek. Akan ada anggota Polri yang akan berjaga di sana secara bergantian, jelang dan usai hari raya Idul Fitri 1441 H.

“Untuk regu yang besar dibuat satu hari masuk, dua hari istirahat. Jadi tetap menjaga kondisi tubuh kondisi kesehatan anggota juga tetap dilihat jangan sampai anggota sakit. Ini semua sudah kami lakukan biar anggota tetap fit, sehat, dan bisa menjaga masyarakat di jalan,” jelasnya.

Lebih jauh Argo juga mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19. Terlebih lagi jelang Idul Fitri, di saat mobilitas masyarakat kembali tinggi.

“Cuci tangan, menggunakan masker, kemudian jaga jarak, hindari kerumunan. Salam sehat selalu,” pungkasnya.