China Mulai Utak-Atik Hukum Keamanan Hong Kong

Hongkong,Sayangi.com- Beijing berencana mengaplikasikan sejumlah aturan hukum keamanan negara China ke dalam Undang-Undang yang berlaku di Hong Kong. Namun belum ada bocoran pasti mengenai pasal atau regulasi apa saja yang bakal diaplikasikan.

Akan tetapi laporan Bloomberg menyebut bisa jadi rencana akan dimulai hari ini Jumat (22/5/2020). Sikap tanpa malu malu ini merupakan langkah lanjutan Beijing. Hal berlaku setelah penunjukan Xia Baolong sebagai Kepala Hubungan Kabinet Hong Kong dan Macau.

Bila agenda itu jadi terlaksana, bukan tidak mungkin kemarahan warga Hong Kong akan kembali memuncak. Dan buntutnya aksi unjuk kembali dan semakin marak Dengan langkah ini mereka [China] seperti berkata bahwa mereka punya kewenangan mutlak beserta parameternya. Ini adalah sebuah pendekatan yang tanpa konsesi, tanpa dialog dan bisa memicu kemarahan,” ujar Profesor Politik Sains Hong Kong, Joseph Chang .

Sementara itu Claudia Mo, politikus partai oposisi asal Hong Kong, juga mengaku khawatir. Ia mengkhawatirkan  bila demonstrasi terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berlalu. Namun, Mo merasa tak kaget bila itu terjadi.

sumber: bloomberg