Presiden Jokowi Tidak Akan Adakan Open House Pada Lebaran Kali Ini

Presiden Jokowi

Jakarta, Sayangi.com – Juru Bicara Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak akan menggelar open house saat Idulfitri 1441 H. Hal ini merupakan upaya mencegah persebaran virus corona.

“Presiden dan jajarannya tidak akan mengadakan open house saat Idulfitri nanti. Tidak pernah ada pembahasan di dalam rapat terkait rencana open house,” ujar Angkie dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/5).

Jokowi, sambung Angkie, paham bila Idul Fitri merupakan momentum masyarakat untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Namun demi menekan angka persebaran Covid-19, diharapkan silaturahmi kali ini dilakukan secara daring dengan memanfaatkan sosial media.

“Kita bisa saling bersilaturahmi secara daring pada saat Lebaran nanti dengan sanak keluarga, kerabat, dan sahabat tanpa harus memaksakan diri untuk melakukan pertemuan fisik,” katanya.

Meskipun belum mengadakan rapat secara langsung, kata Angkie, namun roda pemerintahan tetap harus berjalan. Oleh karena itu, pemerintah harus hadir dalam penanganan Covid-19.

“Ada konsekuensi dari ini semua untuk kemudian tetap melanjutkan aktifitas di depan dengan sejumlah adaptasi yang berkaitan dengan aturan terhadap kesehatan dan kebersihan,” katanya.

Lebih jauh Angkie menegaskan, pemerintah telah berkoordinasi dengan setiap Kementerian dan Lembaga. Pemerintah daerah dan masyarakat juga harus bersinergi dalam aksi mencegah laju persebaran Covid-19.