Larangan Warga Inggris Masuk Amerika Serikat Belum Dicabut

Akibat pendemi -19 warga Inggris belum diijinkan memasuki wilayah AS. Foto Reuters
Akibat pendemi -19 warga Inggris belum diijinkan memasuki wilayah AS. Foto Reuters

New York,Sayangi.com- Gedung Putih tidak berencana untuk mencabut larangan kedatangan bagi warga Inggris yang ingin datang ke Negeri Paman Sam dalam beberapa bulan ke depan atau hingga vaksin virus corona tersedia.

Hal tersebut diungkapkan oleh ahli Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS Dr Anthony Fauci kepada surat kabar Inggris The Telegraph pada hari Minggu (14/6/2020). Ia juga menyatakan harapan bahwa satu atau lebih dari vaksin yang sekarang dalam pengembangan dapat siap pakai pada akhir tahun 2020 atau awal 2021.

“Kami haru benar-benar menunggu. Saya pikir tidak akan ada pencabutan pembatasan (perjalanan) semacam itu. Melihat apa yang terjadi dengan tingkat infeksi, saya pikir pencabutan tersebut tidak akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan,” ungkap Fauci.

AS melarang perjalanan dari China, AS dan Uni Eropa pada awal tahun ini, kecuali dengan sejumlah pengecualian, yang diikuti larangan besar perjalanan dari Brasil pada bulan Mei ketika kasus Covid-19 melonjak di sana.

Fauci yang juga anggota dari gugus tugas virus corona Gedung Putih memperingatkan mengenai gelombang kedua infeksi Covid-19 di AS. Saat ini banyak negara yang masih menghadapi gelombang pertama mereka,imbuhnya.

“Saya berharap dapat mencapai level normal yang sebenarnya dalam waktu kurang lebih satu tahun atau lebih. Tetapi bukan pada musim dingin atau musim gugur tahun ini,” ujar Fauci.

Data terbaru melaporkan jumlah kasus terkonfirmasi di AS melampaui angka 2 juta. Namun pusat penyebaran sebelumnya seperti New York dan New Jersey telah mencatat penurunan penyebaran.

Sumber : Bloomberg