Covid -19 Gelombang Kedua Muncul Di Beijing dan Selandia Baru

Ilustrasi Vaksin Virus Corona (Covid-19). Foto Getty Image
Ilustrasi Vaksin Virus Corona (Covid-19). Foto Getty Image

Beijing,Sayangi.com – Kota Beijing kemarin kembali menutup semua sekolah di wilayah tersebut dan membatalkan setidaknya 1.225 penerbangan karena merebaknya kembali wabah covid-19. “Situasi wabah di ibu kota sangat parah,” kata juru bicara Pemerintah Kota Beijing, Xu Hejian.

Pejabat kota telah meminta warga untuk tidak meninggalkan Beijing. Beberapa provinsi pun telah mengarantina wisatawan dari Beijing setelah lebih dari 130 kasus baru dikonfi rmasi di ibu kota Tiongkok itu dalam beberapa hari terakhir. Kasus-kasus baru telah meningkatkan kekhawatiran munculnya gelombang kedua infeksi di Tiongkok.

Semua sekolah, yang sebagian besar awalnya telah dibuka lagi, diperintahkan untuk kembali ditutup dan melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Kasus di Selandia Baru Wabah covid-19 juga kembali merebak di Selandia Baru.

Kemarin, Perdana Menteri Jacinda Ardern memerintahkan pihak militer untuk mengawasi perbatasan negara tersebut. Selandia Baru kehilangan status bebas covid-19 ketika dua perempuan yang baru tiba dari Inggris diizinkan keluar dari karantina lebih awal.

Keduanya dinyatakan positif terkena virus korona. Ardern mengatakan orang yang terinfeksi seharusnya tidak diizinkan pergi. “Ini merupakan kegagalan sistem yang tidak dapat diterima,” kata Ardern.

Ardern pun menunjuk Asisten Kepala Pertahanan, Digby Webb, untuk mengawasi semua tempat karantina dan bertanggung jawab atas fasilitas isolasi. Webb akan mengawasi  proses keluarnya orang dari fasilitas karantina tersebut. Webb juga bisa meminta akses ke logistik militer jika diperlukan.

sumber : AFP