Tiga Pelaku Pengedar Dolar Palsu Ditangkap di Depok

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polsek Cimanggis meringkus tiga pelaku pengedar uang dollar palsu. Mereka berhasil ditangkap di Jalan Pekapuran, Cimanggis, Depok, Selasa (16/6) dinihari.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, awalnya polisi curiga dengan pelaku M, ISA alias S dan AGN. Saat diamankan, ketiganya kedapatan membawa sejumlah uang dolar palsu.

“Ketiga pelaku sudah kami amankan. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan intensif di Mapolsek Cimanggis,” ujar Yusri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/6).

Dari keterangan sementara, sambung Yusri, ketiganya mendapat uang palsu dengan cara membeli kepada seseorang. Saat ini polisi juga tengah memburu orang yang menjual dolar palsu tersebut ke para pelaku.

“Pelaku mendapatkan uang asing palsu dari seseorang di luar Depok dengan harga lebih murah dibanding uang asli,” katanya.

Dari tangan para pelaku polisi berhasil menyita barang bukti berupa 20 lembar uang dolar Amerika, 28 lembar pecahan 100 dolar, satu lak pecahan uang kertas 100 dolar, tiga lak pecahan uang dolar Brunei, 71 lembar pecahan Euro dan tiga lembar kunci master berbentuk uang pecahan 100 dollar.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam akan dijerat dengan Pasal 245 KUHP tentang Pemalsuan Uang, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.