Bolton Sebut Trump Manfaatkan Kasus Khasogi Untuk Lindungi Ivanka

Presiden Donald Trump merencanakan perdamaian Timur Tengah yang akan menguntungkan Israel. Foto Busines Insider
Presiden AS Donald Trump

Tokyo,Sayangi.com- Perseteruan Trump dan Mantan penasehat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) John Bolton memanas. Lewat bukunya barunya Bolton mengungkap bahwa Presiden AS Donald Trump eksploitasi pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi untuk mengalihkan perhatian dari kasus penyalahgunaan jabatan publik oleh Ivanka Trump.

Buku baru berjudul The Room Where It Happened menjadi pukulan besar bagi Trump karena banyak mengungkap sisi gelap dalam pemerintahannya.

Bolton ditendang Trump dari Gedung Putih tahun lalu. Trump merasa Bolton memiliki banyak perbedaan sikap dalam berbagai isu. Menurut Bolton, Trump mengeksploitasi kemarahan global atas kasus Khashoggi untuk menyembunyikan informasi yang dapat merusak upayanya terpilih lagi dalam pemilu presiden.

Menurut Bolton,Trump terobsesi dengan peluangnya dalam pemilu presiden 2020, Trump melihat peluang dalam pembunuhan Khashoggi untuk mengalihkan perhatian publik dari skandal domestik,ujarnya.

Trump menjadi sorotan dengan komentar aneh setelah menemukan bahwa 15 pembunuh Saudi secara brutal membunuh Khashoggi dan memutilasi jasad jurnalis itu menjadi beberapa bagian.

“Dunia adalah tempat yang sangat berbahaya!” kata Trump di samping Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS). “Mungkin dia melakukan dan mungkin dia tidak melakukan!” ujar Trump. Dan pernyataan Trump yang berbeda dengan CIA. Bada CIA yakin MBS merestui pembunuhan itu.