Virus Corona Perlihatkan Kebersihan Di Pasar China Rendah

Ilustrasi Pasar Hewan Wuhan, Foto Reuters
Ilustrasi Pasar Hewan Wuhan, Foto Reuters

Beijing, Sayangi.com- Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin (CCDI) milik Partai Komunis China menyatakan, standar kebersihan di pasar makanan grosir China rendah. Rabu (17/6)CCDI menyebutkan tingkat kebersihan di pasar makanan grosir China harus ditingkatkan. Dan kerentanan dalam rantai pasokan makanannya juga perlu segera diatasi.

Epidemi adalah cermin yang tidak hanya mencerminkan aspek kotor dan berantakan pasar grosir Epidemi adalah gambaran kondisi manajemen pasar mereka pada tingkat rendah,” ujar CCDI. Statement tersebut merujuk pada munculnya jenis virus corona baru yang muncul pertama kali di pasar makanan laut Wuhan.

Pasar makanan China yang sangat besar menjadi tempat yang ideal bagi virus corona berkembang biak. Virus itu kini telah menginfeksi lebih dari delapan juta orang di seluruh dunia. Tempat pertama terdeteksinya virus corona adalah pasar makanan laut Huanan di Wuhan, di mana kelelawar dan satwa liarnya diperjualbelikan.

Masalah kondisi pasar ini kembali menjadi sorotan setelah klaster baru Covid-19 muncul kembali di pasar makanan Xinfadi, Beijing. Peristiwa ini menginfeksi lebih dari 100 orang dan menimbulkan kekhawatiran penularan yang lebih luas.

Badan disipliner utama Partai Komunis ini mengatakan wabah itu menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan standar sanitasi dan meminimalkan risiko kesehatan di pasar. Sebagian besar pasar dibangun 20 hingga 30 tahun yang lalu, ketika drainase dan pengolahan air limbah relatif belum berkembang.

sumber: Reuters