Inggris Bakal Ijinkan Skuter Listik Jadi Moda Tranportasi

Skuter menjadi alternatif transportasi ditengah pendemi Corona. Foto KUT
Skuter menjadi alternatif transportasi ditengah pendemi Corona. Foto KUT

London,Sayangi.com- Skuter listrik akan menjamur di banyak kota di Inggris. Moda transportasi ii segera menjadi sewaan. Dewan kota menyiapkan proyek percontohan yang bertujuan menghilangkan tekanan pada angkutan umum yang disebabkan oleh Covid-19.

Departemen Transportasi diharapkan menerbitkan kerangka kerja untuk skuter listrik minggu depan. Kerangka ini akan memberikan rincian tentang bagaimana sistem skuter sewaan bekerja. Sementara itu, pengoperasian skuter listrik milik pribadi masih dilarang.

Kerangka kerja ini awal rencana akan diterbitkan Senin (22/6). Tetapi hal ini lantas ditunda, sembari dewan menyelesaikan persoalan siapa yang memenuhi syarat untuk naik skuter listrik sewaan ini. Inggris bertahun-tahun berada di belakang banyak negara Eropa lainnya dalam inisiatif memotong jumlah perjalanan dengan mobil.

Menjadi sebuah gagasan yang bijaksana jika hanya segelintir perusahaan yang boleh bersaing di masing-masing kota percontohan. Sekitar 30 dewan kota, termasuk Birmingham, Bristol, Liverpool, Manchester, Cambridge, Bath dan London mengatakan, mereka tertarik untuk berpartisipasi dalam uji coba, yang diperkirakan akan berjalan selama 12 bulan.

Kerangka kerja ini akan mengkonfirmasi bahwa skuter listrik diizinkan untuk menggunakan jalan umum, jalur sepeda dan lintasan lari. Skuter juga dibebaskan dari registrasi dan lisensi kendaraan.Tidak akan ada persyaratan hukum bagi pengendara untuk mengenakan helm.

Pengendara Skutern hanya membutuhkan asuransi dan laju kecepatan skuter akan dibatasi hingga kecepatan 12,5 mph.

Sebuah analisis menunjukkan sekitar 60 persen dari perjalanan mobil di Inggris digunakan untuk jarak antara satu hingga lima kilometer. Dari analisis ini memunculkan usulan bahwa skuter listrik dapat membantu mengurangi kemacetan dan polusi dari mobil.

sumber: Guardian