Sejumlah Tokoh OKU Selatan di Perantauan Gelar Silaturahmi Virtual

Sayangi.com – Sekelompok pemuda perantau asal Kabupaten OKU Selatan menginisasi kegiatan Silaturahmi Tokoh Perantau OKU Selatan dengan mengangkat tema Peranan Perantau OKU Selatan Dalam Dinamika Politik Kebangsaan. (Senin, 29/6/2020)

Kegiatan tersebut mengundang sejumlah narasumber yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari ASN seperti Dr. Rahman Hadi yang kini sedang bertugas sebagai Pejabat Sekretariat DPD RI, Riyan Hidayat selaku Sekjend DPP PGK, Pahrozi sebagai pengacara, dan Batransyah selaku Ketua Umum POSELA.

Rendi Apriyansyah selaku inisiator kegiatan ini menyampaikan bahwa forum ini merupakan suatu sarana komunikasi perantau dari OKU Selatan yang sedang atau telah berkiprah di kancah nasional. “Kita berharap melalui kegiatan ini kita bisa membuat OKU Selatan dapat berkontribusi di kancah nasional bahkan global.” Ungkap Rendi.

Dalam penyampaian materinya, Rahman Hadi, menyarankan sebagai perantau dari Kabupaten OKU Selatan dimanapun kita berada agar tetap berfikir untuk Kabupaten OKU Selatan sebagai tanah kelahiran kita, serta perlu ditingkatkan kemampuan dan jaringan di Perantauan.

“Sebagai tokoh dari OKU selatan tentu akan memberikan dukungan terhadap semua kebijakan & tentu akan mengarahkan ketika dimintai arahan.” Ujarnya dalam diskusi yang dilaksanakan via Zoom ini.

Berikutnya, Batransyah menyoroti sektor pendidikan di Kabupaten OKU Selatan. Menurutnya pendidikan adalah hal penting untuk dibenahi, agar para generasi muda dapat mengubah nasibnya untuk menjadi lebih baik kedepan.

Tak ketinggalan, Riyan Hidayat, sebagai aktivis muda dirinya melihat bahwa pemuda harus mampu beradaptasi secara cepat terhadap perkembangan zaman, dimana kemajuan itu mengubah dari tenaga manusia menuju peran teknologi. Selain itu, Riyan juga mengatakan bahwa NKRI ini ada dan akan tetap ada karena peran-peran perantau dari berbagai daerah, termasuk OKU Selatan.

“Jadi ini bukan sentimen kedaerahan ya, tapi lebih kepada semangat untuk bagaimana semuanya bisa terlibat dalam perjalanan sejarah Indonesia. Oleh karenanya, tidak bisa orang-orang kota saja yang bisa jadi pejabat tinggi”. Ujar Ryan

Selanjutnya, narasumber Pahrozi menyampaikan ia merasa bangga dan mengapresiasi bahwa Perantau OKU Selatan sudah sejajar dengan tokoh-tokoh Kabupaten/Provinsi lain baik pada jabatan pemerintahan ditingkat nasional, politisi dan pengacara, tetapi sebagai perantau tentu harus tetap memperhatikan Kabupaten OKU Selatan.

Selain narasumber, diskusi tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh dengan berbagai latar belakang seperti Prof. Edward Juliarta selaku Asisten III Sumatera Selatan, Dr. Paudah Pejabat Kemendagri, Dr. Munajat selaku akademisi dan mantan Rektor Unbara, Edi Rivai selaku pengusaha, Aning Mesugah pengusaha Kopi, serta tokoh lain yang juga turut memberikan pandangannya.