WN Perancis Tersangka Pencabulan 305 Anak Tewas Bunuh Diri

Polisi menunjukkan tersangka kasus pencabulan terhadap 305 anak, Francois Abello Camille di Mapolda Metro Jaya beberapa waktu lalu

Jakarta, Sayangi.com – Tersangka kasus pencabulan terhadap 305 anak, Francois Abello Camille alias FAC (65) tewas setelah sebelumnya melakukan percobaan bunuh diri di Rutan Mapolda Metro Jaya.

Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol Umar Shahab mengatakan, warga negara Perancis itu melakukan upaya bunuh diri dengan menggunakan seutas kabel. FAC didiagnosa tewas karena mengalami keretakan tulang belakang leher akibat jeratan kabel.

“Dari hasil rontgen ada retakan pada tulang belakang, di leher yang menyebabkan sumsumnya itu kena jerat. Sehingga, menyebabkan suplai oksigen ke otak dan organ-organ yang penting itu berkurang dan menyebabkan meninggal dunia,” ujar Umar di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/7).

Hingga saat ini, sambung Umar, jasad FAC masih berada di RS Polri Kramat Jati. Mengenai tindak lanjut terhadap FAC, pihak kepolisian masih berkoordinasi dengan Kedubes Perancis.

“Kita koordinasikan dengan kedutaan soal tindak lanjut yang akan diambil. Nanti baru diketahui apakah perlu penyidik meminta untuk dilakukan autopsi terlebih dahulu, atau langsung dari kedutaan meminta untuk dikirim,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, FAC melakukan upaya bunuh diri dengan menggunakan seutas kabel yang berada di ujung atas sel tahanan. Kabel tersebut kemudian dililitkan ke lehernya.

“Karena dia tinggi dia bisa ambil, kemudian dia lilitkan di lehernya juga tidak tergantung berupaya untuk dengan beban badannya untuk berupaya percobaan bunuh diri,” kata Yusri.

Percobaan bunuh diri tersebut, lanjut Yusri, sempat diketahui oleh petugas tahanan. Polisi sempat dilarikan ke RS Polri Kramat Jati, namun nyawanya tak tertolong.

“Kurang lebih tiga hari dilakukan perawatan tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB tersangka tersebut meninggal dunia,” terangnya.

Sebelumnya, Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang warga negara Prancis bernama Francois Abello Camille (FAC) alias Mister. Lelaki tua berumur 65 ditangkap karena mencabuli dan menyetubuhi 305 anak perempuan di bawah umur.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, mayoritas korban merupakan anak jalanan, dan dieksploitasi secara ekonomi dan seksual. FAC melakukan aksi bejatnya di sejumlah hotel di Jakarta Barat, dari rentang waktu Desember 2019 hingga Juni 2020.

“Dari Desember 2019 hingga Februari 2020 dia melakukan aksi itu di Hotel Olympic Jakarta Barat, Februari hingga April 2020 di Hotel Luminor Jakarta Barat. Sementara pada April hingga Juni 2020 di Hotel Prinsen Park,” ujar Nana di Mapolda Metro Jaya, Kamis, (9/7) sore.